gunung chiliSantiago, LiputanIslam.com — Pemerintah Chili, hari Kamis (23/4), menyerukan pengungsian paksa terhadap penduduk dalam radius 20 kilometer dari gunung berapi Calbuco yang meletus dua kali pada hari Rabu. Gunung ini sebelumnya sudah tidak aktif selama lebih dari setengah abad.

Gunung berapi di Danau District di selatan Chili itu  menyemburkan awan cendawan sangat tebal dan luas sehingga abunya bisa mencapai ibu kota Chili, Santiago, Jumat waktu setempat (24/4). Padahal jarak dari Santiago mencapai lebih dari 1.000 kilometer.

“Kami cukup jauh sehingga partikel yang sampai tidak berbahaya,” kata Rene Garreaud dari Universitas Chili kepada harian negeri itu, El Mercurio, sebagaimana dikutip Antara.

Dia menambahkan, debu itu  mungkin melayang di atas kota dan tak menimbulkan ancaman kesehatan, meskipun mungkin mengganggu penerbangan.

Sebelum mengunjungi wilayah itu, Presiden Chili Michelle Bachelet mengumumkan “peringatan kesehatan” bagi semua penduduk di dekat gunung berapi tersebut.

Ia juga mengatakan 11 penampungan telah disiapkan bagi 4.150 orang yang diungsikan dan “sejauh ini tak ada laporan kematian”.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL