gubernur mexicoMexico City, LiputanIslam.com — Gubernur negara bagian Guerrero, Angel Aguirre, menyatakan pengunduran dirinya demi membantu pencarian terhadap 43 pelajar sekolah keguruan yang hilang setelah ditangkap polisi kota Iguala, tanggal 26 September lalu.

Seperti dilaporkan BBC News, Jumat (24/10), Angel Aguirre mengatakan pengunduran dirinya itu dilakukan “untuk menciptakan suasana politik yang lebih baik untuk menyelesaikan krisis” akibat hilangnya para pelajar tersebut.

Aguirre telah mendapatkan kritikan luas dan tuntutan pengunduran diri akibat atas kasus ini. Minggu lalu bahkan demonstran yang marah, membakar kantor gubernur  dan juga kantor parlemen negara bagian Guerrero.

Selain 43 pelajar yang hilang, dalam peristiwa tanggal 26 September itu sebanyak 6 orang tewas setelah polisi dan orang-orang bersenjata menembaki bus yang ditumpangi para pelajar setelah melakukan aksi demonstrasi membela hak-hak guru.

Polisi federal telah menahan sekitar 60 orang, sebagian anggota polisi lokal dan sebagian lainnya anggota organisasi kejahatan setempat, Guerrero Unidos. Aparat keamanan juga telah menembak mati seorang pemimpin Guerrero Unidos dan menangkap pemimpin lainnya.

Jaksa Agung Mexico Jesus Murillo, hari Kamis (23/10), mengatakan adanya kaitan yang luas dan mendalam antara pejabat, aparat keamanan dan politisi lokal dengan organisasi kejahatan narkoba di Guerrero. Ia juga mengumumkan perintah penangkapan terhadap walikota Iguala, Jose Luis Abarca, beserta istri dan kepala kepolisian setempat. Mereka dituduh telah memerintahkan polisi untuk menyerahkan para pelajar yang ditangkap kepada kelompok kejahatan setempat.

Beberapa teori muncul terkait dengan hilangnya para pelajar tersebut. Sebuah teori menyebutkan para pelajar itu dibunuh karena selalu menentang “iuran keamanan” yang dikutip organisasi kejahatan.

Teori lainnya menyebutkan para pelajar itu hendak mengacaukan sebuah acara sosial yang digelar istri walikota. Sebelumnya walikota pernah dipermalukan oleh para pelajar yang melakukan aksi demonstrasi di sebuah acara yang dihadirinya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL