Sukseskan pilpresJakarta, LiputanIslam.com--Pemilihan Presiden (pilpres) tinggal sehari lagi. Tidak hanya rakyat Indonesia yang mencurahkan perhatian kepada pilpres ini, melainkan juga berbagai negara dunia. Kedua capres pun telah melakukan pertemuan dengan perwakilan dari berbagai negara asing. Harian Inggris The Guardian baru-baru ini menulis artikel berjudul ‘Lima Alasan Mengapa Pemilu di Indonesia Penting”.

Menurut Guardian, kelima alasan itu adalah:

1.  Indonesia adalah negara demokratis terbesar ketiga di dunia, dengan 187 juta pemilih, termasuk 67 juta pemilih yang baru pertama kalinya memilih.

2.    Indonesiaadalah negara dengan perekonomian yang penting. Meski sempat lumpuh akibat krisis moneter Asiatahun 1998, Indonesia hari ini adalah negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, anggota G20, dan diproyeksikan menjadi yang terbesar ketujuh secara global pada tahun 2030. Pertumbuhan PDB diperkirakan 5,7% tahun ini danakan meningkat pada tahun 2015. Namun, sekitar 32 juta rakyat Indonesia masih hidup di bawah garis kemiskinan, tingkat korupsi tinggi, dan infrastruktur minim.

3. Indonesia adalah masyarakat yang dinamis. Bila Thailand sering diguncang kudeta militer, partisipasi politik Malaysia dan Singapura dibatasi oleh sistem kuasi-partai, transisi demokrasi di Indonesia cukup sukses. Sejak jatuhnya Soeharto, Indonesia telah berpindah dari pemerintahan terpusat ke arah demokrasi. Meskipun ada perilaku “politik uang”, tetapi sebagian besar pemilu di Indonesia berlangsung bebas dan adil. Negara ini membanggakan diri sebagai masyarakat sipil yang dinamis dan memiliki jaringan pers yang paling bersemangat dan penting di Asia.

4. Indonesia adalah negara muslim moderat. Sebanyak 90% dari 240 juta penduduk Indonesia adalah Muslim. Indonesia dan Turki sering dijadikan contoh keberhasilan perpaduan demokrasi dan Islam. Meskipun Timur Tengah dapat menjadi pusat gravitasi bagi dunia Islam, Indonesia memiliki lebih banyak Muslim dari seluruh wilayah itu. Setelah jatuhnya Suharto, demokrasi dan Islam telah berkembang pesat. Muslim di Indonesia didominasi oleh ajaran moderat Islam dan selama beberapa tahun terakhir pemerintah telah bekerja keras untuk melumpuhkan kelompok-kelompok ekstremis, seperti mereka yang berada di balik pemboman Bali tahun 2002. Konstitusi Indonesia melindungi kebebasan beragama. Meskipun, di bawah pemerintahan SBY yang berkoalisi dengan partai berbasis Islam, aksi-aksi intoleransi terhadap umat Kristen, Muslim Syiah dan Ahmadiyah telah meningkat.
5. Indonesia adalah negara persatuan. Indonesia adalah salah satu negara dunia yang paling beragam. Indonesia terdiri dari lebih 17.000 pulau, dengan ratusan kelompok etnis dan bahasa, namun mampu tetap bersatu sejak berdiri pada tahun 1945. Padahal di dunia banyak terjadi perpecahan dan separatisme.(dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL