goldman sachsLondon, LiputanIslam.com — Perusahaan perbankan AS Goldman Sachs membagikan bonus besar-besaran kepada para eksekutif dan pejabat strategis perusahaan itu di Inggis. Para pejabat bank itu mendapatkan bonus rata-rata mencapai £2,57 juta atau senilai Rp 38 miliar lebih.

Sebagaimana dilaporkan kantor berita Inggris Reuters minggu ini, bonus yang dibagikan Goldman Sachs ini 2 kali lipat bonus yang dibagikan perusahaan-perusahaan perbankan raksasa lainnya seperti JP Morgan.

Menurut laporan itu, bonus tersebut bahkan lebih tinggi daripada yang diberikan perusahaan kepada eksekutifnya di AS dan hal itu diperkirakan akan menimbulkan ketegangan internal di perusahaan itu.

Langkah Goldman Sachs ini dianggap bertentangan dengan prinsip yang diterapkan Uni Eropa yang membatasi pemberitan bonus bagi para eksekutif perbankan, hingga sebatas gaji pokok saja.

Perbankan juga dianggap telah menciptakan berbagai fasilitas kontroversial bagi karyawan-karyawannya sehingga mengancam munculnya ketimpangan. Di antaranya pemberian bonus berbentuk saham.

Menurut kajian yang dilakukan Reuters ditemukan fakta bahwa pada tahun 2013 lalu sekitar 2.600 bankir di kota London menerima gaji hingga £3,4 miliar atau setara dengan Rp 51 triliun. Artinya, gaji para bankir itu mencapai Rp 1,63 miliar per-bulan. Jumlah ini 50 kali gaji rata-rata pegawai di Inggris.

Trade Union Congress (TUC) atau federasi buruh se-Inggris dan Wales mengkritik Goldman Sachs dan menyindirnya sebagai “perusahaan yang tidak menginjak bumi”.

Sebagai perbandingan, Reuters menulis, Royal Bank of Scotland (RBS) yang 79 persen sahamnya dimiliki pemerintah, “hanya” memberikan bonus £600.000 atau setara Rp 9 miliar.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*