bmp ukrainaMoskow, LiputanIslam.com — Rusia mengklaim setidaknya lapis baja Ukraina telah menerobos wilayahnya, Jumat (13/6), atau sehari setelah Ukriana menuduh tank-tank Rusia masuk ke wilayah Ukraina.

“Presiden (Putin) telah memerintahkan kemenlu Rusia untuk mengontak Ukraina untuk membicarakan pelanggaran perbatasan oleh pasukan Ukraina,” kata jubir kepresidenan, Dmitry Peskov, kepada kantor berita Interfax, terkait insiden tersebut.

Sebelumnya jubir pasukan penjaga perbatasan Rusia Vaslily Malayev mengatakan kepada Interfax bahwa sebuah kendaraan infantri lapis baja (BMP) ditemukan dalam keadaan kosong, 150 meter dari perbatasan di wilayah Kuibyshev, Provinsi Rostov. Sekelompok pasukan Ukraina kemudian datang untuk membawa kembali kendaraan tersebut namun dihadang oleh pasukan Rusia dan kembali ke wilayah Ukraina.

Jubir kementrian pertahanan Ukraina Vladislav Seleznyov, mengatakan bahwa Ukraina akan melakukan penyelidikan atas laporan tersebut, meski ia meragukan kebenarannya.

Ini adalah insiden pertama sejak terjadinya krisis di Ukraina dimana militer Ukraina memasuki wilayah Rusia.

Insiden ini hanya berselang sehari setelah Mendagri Ukriana Arsen Avakov menuduh tank-tank dan kendaraan militer Rusia menerobos wilayah Ukraina. Tuduhan ini telah dibantah oleh Rusia.

Para pengamat militer juga meragukan tuduhan tersebut setelah menyaksikan gambar tank-tank Rusia yang dituduhkan tersebut adalah tank T-64 yang sudah tidak lagi digunakan oleh militer Rusia. Diduga tank-tank itu diperoleh para milisi separatis dari depot-depot militer Ukraina.(ca/voice of russia)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL