Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani

Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani

Jakarta, LiputanIslam.com–Sekjen Partai Gerindra menilai, kebijakan tegas Presiden Joko Widodo terhadap para pencuri ikan akan memunculkan masalah. Menurut Ahmad Muzani, Indonesia bakal menghadapi ancaman atau isu regional cukup besar di tahun 2015 akibat langkah Jokiw menenggelamkan kapal asing pencuri ikan.

“Banyak negara tetangga yang reaksinya sangat keras dan harus diantisipasi oleh pemerintah,” kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani seperti dikutip rmol.co, Jumat malam (26/12). (baca: Tenggelamkan 3 Kapal Vietnam, Indonesia Jadi Buah Bibir)

Menurutnya, sekarang ini pemerintah belum merasakan reaksi dari negara-negara tetangga atas kebijakan tersebut karena masih dalam transisi kepemimpinan. (baca: Lima Kapal Asing Pencuri Ikan Siap Ditenggelamkan)

Penenggelaman kapal asing pencuri ikan adalah upaya Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, untuk menghentikan pencurian ikan di perairan Indonesia. Selama 10 tahun terakhir, Indonesia dirugikan 300 trilyun akibat pencurian ikan ini. Aksi penenggelaman kapal juga lazim dilakukan oleh negara-negara lain. Selama sembilan tahun terakhir, Pemerintah Australia telah menenggelamkan sedikitnya 2.500 perahu nelayan tradisional Indonesia atas tuduhan melanggar batas perairan dan menangkap ikan di perairan negara tersebut.(fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL