gereja rusia restui militerMoskow, LiputanIslam.com — Gereja Orthodox Rusia menyebut misi Rusia di Suriah sebagai ‘Perang Suci’. Hal ini menyusul dukungan parlemen Rusia terhadap operasi militer di Suriah.

Pemimpin Gereja Orthodox Archpriest Vsevolod Chaplin mengatakan kepada wartawan, Rabu (30/9) di pangkalan udara Belbek, Sevastopol, bahwa keputusan yang diambil oleh parlemen Rusia, Dewan Federasi Rusia, untuk mendukung operasi militer Rusia di Suriah ‘sesuai dengan hukum internasional, mental rakyat Rusia dan peran yang selalu dijalankan Rusia di Timur Tengah’. Demikian seperti dilaporkan kantor berita Rusia Interfax.

Pernyataan itu disampaikan Chaplin seusai melakukan upacara pemberkatan terhadap sebuah pesawat SU-27 di pangkalan udara Belbek sebagai simbol dukungan gereja Rusia.

Ia menambahkan bahwa Rusia tidak bisa dipisahkan dengan umat Kristen Suriah yang bersama kelompok-kelompok minoritas lainnya menghadapi penindasan.

“Perang melawan terorisme adalah perang suci dan hari ini negara ini menjadi negara yang paling aktif memerangi terorisme,” kata Chaplin.

Kepala Staff Gabungan Sergei Ivanov mengatakan bahwa pasukan Rusia di Suriah memerangi kelompok ISIS atas permintaan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Selama dua hari berturut-turut, hari Rabu dan Kamis (1/10) Rusia telah melakukan serangan udara terhadap posisi-posisi pemberontak Suriah.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL