george bush srHouston, LiputanIslam.com — Mantan presiden AS George HW Bush (90 tahun) dirawat di rumah sakit setelah mengalami sesak nafas. Demikian jubir keluarga Bush Jim McGrath menyebutkan sebagaimana dilansir BBC News, Rabu (24/12).

Bush Senior, demikian namanya disebut untuk membedakannya dengan putranya yang bernama sama dan sama-sama mantan Presiden AS, dirawat di Houston Methodist Hospital untuk menjalani “observasi” sekaligus tindakan pencegahan, Jim McGrath menambahkan.

Dua tahun yang lalu George Bush Senior juga pernah menjalani perawatan di rumah sakit yang sama selama 2 bulan. Kala itu ia diditeksi menderita penyakit bronchitis dan beberapa panyakit sampingan lainnya.

Memimpin AS antara tahun 1989 hingga 1993 dan terlibat dalam Perang Dunia II dan Perang Korea dan Perang Vietnam, ia menjadi seorang mantan presiden tertua yang masih hidup bersama Jimmy Carter, mantan Presiden AS antara tahun 1977 hingga 1981. Karena penyakitnya, ia sudah tidak bisa lagi berdiri dan harus dibantu dengan kursi roda. Namun pada bulan Juni lalu, sebagai peringatan ulang tahunnya yang ke-90, ia melakukan terjung payung tandem bersama seorang instruktur terjun payung.

Putranya, George W Bush Junior, juga juga menjadi Presiden AS dan menjabat selama 2 periode antara tahun 2001 dan 2009. Jika Bush Senior memerintahkan penyerangan AS terhadap Irak pada tahun 1990, maka Bush Junior dianggap bertanggungjawab atas Perang Irak tahun 2003, Perang Afghanistan tahun 2001 dan kampanye perang melawan terorisme.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL