galloway smithLondon, LiputanIslam.com — Politisi Inggris yang dikenal sebagai pendukung Palestina dan Arab, George Galloway “mendamprat” mantan menteri kabinet Tony Blair dan Gordon Brown, Jacqui Smith dalam sebuah acara talkshow.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Senin (29/9), dalam program “This Week” BBC hari Kamis (25/9) malam, Galloway menuduh Jacqui Smith, yang pada pemerintahan Tony Blair dan Gordon Brown menjadi menteri dalam negeri, telah turut membunuh sejuta rakyat Irak selama pendudukan tentara sekutu di Irak antara tahun 2003 hingga 2011.

“Semua parfum yang ada di Arabia tidak akan bisa membersihkan tangan Anda,” kata Galloway kepada Smith.

Galloway yang juga mantan kolega Smith di Partai Buruh itu, diundang sebagai narasumber terkait dengan sidang  parlemen Inggris untuk memberikan dukungan intervensi militer Inggris di Irak dan Suriah untuk memerangi kelompok ISIS.

Namun, jika Galloway kini adalah anggota parlemen dari partai independen, Smith kehilangan jabatannya di eksekutif maupun legislatif setelah terlibat skandal korupsi selama menjadi menteri. Meski tidak terbukti, ia dinyatakan telah melanggar kode etik dan diharuskan meminta ma’af. Sejak itu popularitasnya merosot sehingga iapun dipecat dari jabatan menteri dan kehilangan kursi parlemen.

Menanggapi “serangan ” Galloway tersebut, Smith membalasnya dengan tegas bahwa jika ia masih menjadi anggota parlemen, ia pun akan memberikan dukungan bagi pemerintah melakukan campur tangan di Irak.

Tidak hanya itu, ia menuduh pendapat-pendapat Galloway sebagai “puisi yang tidak berarti”.

“Semua puisi-puisi Anda itu tidak bisa menghentikan orang-orang dibunuhi di Irak dan Suriah,” kata Smith.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL