Lakhdar-Brahimi_2439378bSetelah delegasi pemerintah Suriah mengancam akan mundur dari perundingan Jumat kemarin (24/1), hari ini hampir dipastikan kedua pihak yang bertikai di Suriah akan bertemu langsung. Demikian keterangan Utusan Khusus PBB dan Liga Arab untuk Suriah Lakhdar Brahimi Jumat malam (24/1).

“Besok (hari ini) kami telah sepakat bahwa kami akan bertemu di ruangan yang sama,” kata Brahimi dalam konpeensi pers yang digelar setelah ia mengadakan pertemuan terpisah dengan kedua delegasi kemarin.

“Hasil diskusi yang saya dapatkan dari kedua belah pihak adalah menjanjikan,” katanya seraya menambahkan bahwa perundingan antara kedua belah pihak akan didasarkan pada pernyataan negara-negara besar (world powers) yang menyerukan kedua pihak untuk menyetujui pembentukan “lembaga transisi”.

Seorang anggota delegasi oposisi memastikan bahwa mereka akan bertemu muka dengan para anggota delegasi pemerintah Suriah akhir pekan ini setelah awalnya menolak bertemu Jumat kemarin setelah delegasi pemerintah menolak pembentukan “lembaga transisi”. Sebaliknya delegasi pemerintah mengancam mundur jika hari ini tidak ditemukan terobosan penting. Untuk memecahkan kebuntuan, Brahimi segera menggelar pertemuan terpisah dengan kedua delegasi.

Pertemuan hari ini akan dimulai di kantor perwakilan PBB di Genewa pukul 10.00 waktu setempat. Demikian keterangan anggota delegasi oposisi.

“Kami puas dengan pernyataan Brahimi hari ini bahwa delegasi pemerintah menyetujui komunike Genewa I (tentang pembentukan lembaga transisi). Dan atas dasar itu kami akan bertemu dengan delegasi pemerintah besok (hari ini). Ini akan menjadi sesi yang singkat dimana hanya Brahimi yang akan berbicara. Diikuti kemudian dengan sesi selanjutnya yang lebih panjang di sore hari,” kata Anas al-Abdah, anggota delegasi oposisi kepada kantor berita Reuters, Jumat malam (24/1).(CA/al-akhbar)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL