gempa chili2Iquique, LiputanIslam.com — Gempa susulan terus terjadi hingga hari ini, Jumat (4/4), sejak gempa besar berkekuatan 8,2 Skala Richter mengguncang Chili dua hari lalu. Warga setempat yang masih dihantui ancaman tsunami berlarian dan berusaha menyelamatkan diri menuju bukit dan tempat-tempat yang lebih tinggi.

Menurut laporan Reuters, lebih dari 2.600 rumah rusak parah di kota pelabuhan Inquique, kota yang paling dekat dengan pusat gempa yang berada di wilayah perairan Samudra Pasifik. Sejumlah kapal nelayan terdampar akibat tsunami yang muncul tak lama setelah gempa terjadi pada Selasa lalu.

Gempa susulan cukup sering muncul dengan kekuatan beragam. Kekuatan gempa susulan terbesar mencapai 7,6 Skala Richter. Gempa ini terjadi pada hari Rabu malam waktu setempat.

“Ada sekitar 50 gempa susulan setiap jam. Beberapa di antaranya terasa begitu kuat,” kata Freddy Hurtado, seorang warga Iquique.

Jumlah korban jiwa akibat gempa ini tak banyak, yakni enam orang. Kota Iquique yang merupakan kota gersang kaya mineral memang menjadi wilayah pertambangan tembaga sehingga penduduk yang bermukim terbilang sedikit.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL