gunung kinabalu2Kinabalu, LiputanIslam.com — Gempa di negara bagian Sabah, Malaysia, masih menyisakan duka mendalam. Selain 13 orang dinyatakan tewas, 8 orang masih dinyatakan hilang dan tim pencari tengah berusaha keras menemukan mereka.

Diperkirakan sekitar 140 orang berada di puncak Gunung Kinabalu saat gempa terjadi hari Jumat, menggugurkan batuan-batuan besar dari puncak gunung.

Hari Sabtu kemarin petugas berhasil menemukan mayat seorang pelajar perempuan yang berasal dari sekolah dasar Tanjong Katong, Singapura, bernama Wee Ying Ping Peony. Ia adalah bagian dari lebih dari 30 murid dan guru yang tengah mengadakan wisata pendidikan di Gunung Kinabalu, Sabah, saat gempa terjadi.

Sementara seorang mudi laki-laki dari sekolah yang sama, berhasil diselamatkan dan kini tengah mendapat perawatan di rumah sakit kota Kinabalu. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Sabtu (6/6).

Menteri Pariwisata Malaysia Masidi Manjun mengatakan melalui akun Twitternya bahwa sebanyak 137 pendaki gunung telah berhasil diselamatkan. Laporan-laporan menyebutkan para pendaki itu berasal dari berbagai negara seperti Cina, AS, Filipina, Inggris, Thailand, Turki dan Jepang.

Manjun menyebutkan bahwa gempa yang hebat, lebih dari 6 skala Ritcher, telah menggugurkan salah satu puncak Gunung Kinabalu.

Cuaca buruk mengganggu upaya pencarian pada hari Jumat, mencegah helikopter untuk mendarat di puncang gunung sehingga para pendaki harus turun sendiri dibantu petugas.

Gampa juga mengakibatkan jalanan dan bangunan-bangunan rusak, termasuk sekolah-sekolah dan rumah sakit.

Gunung Kinabalu yang berketinggian lebih dari 4.000 meter merupakan salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara. Selain pemandangannya yang indah dari puncak gunung, gunung ini menarik banyak pengunjung, termasuk anak-anak sekolah, karena jalur pendakiannya relatif mudah dengan adanya perlengkapan yang telah disiapkan petugas pengawas gunung.

Namun karena gempa bumi tersebut, untuk sementara pendakian ke Gunung Kinabalu dilarang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL