Chile-quakeSantiago, LiputanIslam.com — Gempa hebat berkekuatan 8,2 skala richter melanda Kawasan Pantai Pasifik Chili dan negara-negara Amerika Selatan lain, Selasa (1/4). Selain memicu kebakaran hebat di beberapa wilayah perkotaan, gempa tersebut juga menimbulkan tanah longsor hingga tsunami.  Diperkirakan korban cukup banyak namun belum ada angka resmi yang dikeluarkan otoritas setempat.

Menurut laporan United States Geological Survey (USGS), gempa tersebut terjadi pukul 8:46 sore waktu setempat, hari Selasa (1/4). Sumber gempa diketahui berada di kedalaman 20,2 km di bawah laut Samudra Pasifik, 95 km dari kota Iquique.

Pusat peringatan bahaya tsunami di Pasifik memberikan peringatan bahaya tsunami kepada seluruh negara Amerika Latin yang berbatasan dengan Samudra Pasifik. Penduduk wilayah Chili utara pun sempat diungsikan, meski ternyata tsunami yang terjadi hanya berketinggian 2 meter saat menerjang pantai.

“Satu gempa bumi sebesar ini bisa menimbulkan bencana tsunami yang melanda kawasan-kawasan pantai di dekat pusat gempa hanya dalam hitungan menit, dan jarak yang lebih jauh membutuhkan waktu berjam-jam,” demikian keterangan yang dikeluarkan pusat peringatan dini bahaya tsunami setempat.

Para petugas pertolongan melaporkan, di beberapa wilayah terjadi tanah longsor yang menutupi jalan-jalan raya.

Sementara itu pejabat Peru menyebutkan bahwa beberapa tindakan evakuasi telah dilakukan di beberapa kawasans pantai negeri itu menyusul terjadinya gempa.

Chili pernah dilanda gempa hebat berkekuatan 8,8 skala richter pada bulan Februari 2010 lalu yang diikuti oleh tsunami hebat yang melanda beberapa kota. Sebanyak 500 orang tewas akibat bencana itu.

Dalam beberapa hari terakhir kawasan yang sama telah mengalami beberapa gempa bumi yang lebih kecil. Pada hari Minggu (30/3) gempa berkekuatan 6 skala richter juga melanda kawasan pantai Pasifik Peru, diikuti setidaknya oleh 2 gempat yang lebih kecil. Demikian keterangan USGS.

Para bulan Desember 2004  sebuah gempa di kedalaman Samudra Hindia memicu tsunami hebat yang melanda beberapa negara. Sebanyak 230.000 orang tewas akibat bencana tersebut, sebagian besar di Provinsi Aceh, Indonesia. Sedangkan bencana yang sama bulan Maret 2011 di Sendai, Jepang, menewaskan hampir 20.000 orang dan merusak reaktor nuklir Fukushima yang kebocorannya masih belum teratasi hingga saat ini. (ca/press tv)

Keterangan gambar: kebakaran yang dipicu oleh gempa di kota Iquique, Selasa (1/4).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*