gempa nepal4Kathmandu, LiputanIslam.com — Sebuah gempa hebat kembali menghantam Nepal hari ini (12/5), hanya 2 minggu setelah gempa tanggal 25 April lalu yang menewaskan lebih dari 8.000 jiwa.

Setidaknya 37 orang tewas akibat gempa berkekuatan 7,3 ini dan lebih dari 1.000 terluka. Pejabat setempat menyebutkan seperti dilaporkan BBC News, Selasa (12/5).

Gempa terakhir ini dilaporkan berpusat di dekat kota Namche Bazaar, sekitar 75 km sebelah timur ibukota Khatmandu, menimbulkan kepanikan warga hingga di ibukota. Gempa ini dilaporkan juga menghantam wilayah utara India dan Bangladesh.

Tiga orang dinyatakan tewas akibat gempa ini di India.

Gempa terjadi pukul 12:35 tengah hari waktu setempat. Helikopter-helikopter dikirim ke wilayah-wilayah di timur-laut Kathmandu yang dipercaya menjadi tempat paling parah terkena dampak gempa.

Seorang pejabat Nepal mengatakan kepada BBC bahwa 31 dari 75 distrik yang ada di negeri itu terkena dampak gempa.

Perdana Menteri Sushil Koirala menyerukan warganya untuk tetap teguh dan bersabar atas musibah ini. Ia juga mendesak negara-negara yang telah memberikan bantuannya dalam musibah tanggal 25 April, untuk ‘sekali lagi mengulurkan bantuannya’.

Wartawan BBC di Nepal melaporkan bahwa gempa tersebut dirasakan sangat kuat dan berlangsung selama 25 detik.

“Tanah bergetar, burung-burung mulai menjerit dan kami bisa merasakan bangunan-bangunan bergerak-gerak,” tulisnya.

“Orang-orang menangis karena panik. Sebagian lainnya tetap tenang, namun tampak semuanya ketakutan,” tambahnya lagi.

Setelah gempa tersebut, gempa-gempa susulan pun terjadi lagi dengan kekuatan yang lebih kecil, terbesar di antaranya adalah 6,3 skala Ritcher.

Krishna Gyawali, pejabat distrik Chautara, menyebutkan terjadi sejumlah tanah longsor di wilayahnya akibat gempa ini. Tanah longsor juga dilaporkan terjadi di Sindhupalchok dan Dolakha.

Wartawan BBC lain melaporkan gempa terakhir juga merobohkan sejumlah bangunan di wilayah kaki Gunung Everest, namun jumlah turis relatif sedikit setelah terjadinya gempa tanggal 25 April.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL