gempa kaliforniaLos Angeles, LiputanIslam.com — Gempa yang melanda negara bagian Kalifornia, AS, hari Minggu (24/8) diperkirakan menimbulkan kerugian hingga lebih dari $1 miliar.

Mengutip keterangan United States Geological Survey (USGS), kantor berita RIA Novosti melaporkan bahwa berdasarkan perhitungan, nilai kerugian akibat gempa tersebut mencapai lebih dari $1 miliar.

“Kerugian ekonomi tampaknya lebih dari $1 miliar,” demikian pernyataan USGS.

Sementara itu dalam wawancara dengan Bloomberg, Senin (25/8), EQECAT, perusahaan yang membuat model-model risiko bencana alama menyebutkan kerugian akibat bencana gempa bumi tersebut berkisar antara $500 juta hingga $1 miliar.

Hari Minggu (24/8) gempa hebat berukuran 6,1 SR menghantam wilayah Lembah Napa di utara Kalifornia. 120 orang terluka dan puluhan bangunan mengalami kerusakan akibat gempa ini.

Menurut laporan media-media lokal, 6 kebakaran hebat serta sejumlah besar kebocoran gas dan air terjadi akibat gempa itu mengakibatkan 15.000 rumah kehilangan sumber energi.

Gempa ini dianggap sebagai yang terhebat di wilayah ini sejak tahun gempa tahun 1989 yang menewaskan 63 orang dan menimbulkan kerugian sekitar $10 miliar.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL