gempa jepangTokyo, LiputanIslam.com — Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang Tokyo, Senin (5/5), pukul 05.18 waktu setempat. Pusat gempa terlacak di kedalaman 160 kilometer bawah laut di dekat Pulau Izu Oshima, selatan Tokyo. Meski tidak memunculkan bahaya tsunami, gempa ini menimbulkan banyak kerusakan.

Gempa dirasakan hampir di seluruh wilayah Jepang, dengan getaran terkuat tercatat di pusat Kota Tokyo. Menurut laporan Tokyo Fire Department, 17 orang dan beberapa lainnya terjatuh saat jalan yang mereka pijak bergoyang kencang, tapi belum jelas rincian korban lainnya.

Sementara itu, televisi Jepang NHK melaporkan layanan trasnportasi seperti kereta api sempat mengalami keterlambatan. Hingga saat ini, polisi tengah memberlakukan pembatasan kecepatan kendaraan di sejumlah jalan protokol sebagai langkah pengamanan.

NHK melaporkan, gempa ini termasuk yang cukup besar di Jepang. Namun gempa berkekuatan 9,0 skala Richter pada 2011 adalah yang terkuat sepanjang sejarah dan memicu tsunami dengan menewaskan 18.500 orang.(ca/tempo.co/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL