gembong narkoba mexico melarikan diriMexico City, LiputanIslam.com — Gembong narkoba Mexico Joaquin Guzman, melarikan diri dari penjara dengan menggunakan terowongan sepanjang 1,5 km. Pejabat-pejabat Mexico mengatakan.

Seperti dilaporkan BBC News, Senin (13/7), terowongan yang digunakan itu bahkan memiliki lampu, ventilator dan tangga. Polisi kini menahan 18 petugas keamanan yang menjaga penjara.

Guzman terakhir kali tampak oleh kamera CCTV pada hari Sabtu tengah berada di kamar mandi. Ini adalah pelarian kedua Guzman dari penjara dengan penjagaan paling kuat di Mexico.

Pada tahun 2001 ia melarikan diri dari penjara dengan bersembunyi di balik keranjang pakaian setelah menyuap petugas penjara.

Guzman ditangkap di Guatemala tahun 1993 dan telah menjalani hukuman lebih dari 20 tahun. Penangkapannya dirayakan pemerintah Mexico sebagai ‘kemenangan’ negara melawan kejahatan narkoba.

Sebelumnya telah muncul kekhawatiran bahwa Guzman akan melarikan diri kembali, namun pemerintah mengabaikan peringatan itu. Peristiwa ini dipastikan menjadi pukulan yang memalukan bagi Presiden Enrique Pena Nieto.

Diperkirakan Guzman melarikan diri tanpa dukungan ‘orang dalam’, demikian BBC News melaporkan. Aparat keamanan kini melakukan operasi pencarian besar-besaran, namun muncul skeptisme publik, dimana lagi ia harus ditahan nanti.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL