WTC-Jun2012-mainimgNew York, LiputanIslam.com — Gedung World Trade Center (WTC) akhirnya dibuka kembali sejak terjadinya serangan teroris yang menghancurkan menara kembar WTC tanggal 11 September 2001.

Dengan nama baru, One World Trade Center, gedung ini dibuka untuk umum hari Senin (3/11) kemarin, lebih dari 13 tahun setelah hancur. Demikian BBC News melaporkan.

Pemerintah AS dan media-media mainstream menuduh kelompok Al Qaida sebagai pelaku serangan teroris yang menghancurkan WTC dan menewaskan 3.000 orang pada tahun 2001 itu. Namun para pengamat dan aktifis independen menuduh pelaku serangan adalah kalangan inteligen AS sendiri bersama-sama dengan Israel.

Dengan ketinggian 541 meter, gedung 104 lantai yang dibangun dengan biaya mencapai $3,8 miliar itu menjadi gedung tertinggi di AS. Sekitar 60% dari luas ruangan di dalam gedung itu disewakan. Salah satu penyewa adalah instansi pemerintah General Services Administration (GSA) yang menggunakan 275.000 meter-persegi ruangan gedung itu.

“Langit New York City kembali utuh,” kata Direktur Eksekutif Otoritas Pelabuhan New York yang menjadi pemilik gedung, dalam pernyataannya. Ia mengklaim, One World Trade Center adalah gedung paling aman di dunia.

Selain One World Center, di kompleks yang saja juga berdiri museum dan monumen untuk mengenang tragedi WTC tahun 2001.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL