kehncuran akibat boko haramAbuja, LiputanIslam.com — Gambar-gambar satelit menunjukkan kehancuran hebat akibat serangan kelompok Boko Haram di beberapa kota di Nigeria. Demikian pernyataan Amnesty International.

Sebagaimana dilansir BBC News, Kamis (15/1), Amnesty International menyebutkan bahwa gambar-gambar satelit itu menunjukkan sekitar 3.700 bangunan hancur di kota Baga dan Doron Baga akibat serangan Boko Haram bulan Januari ini.

Sebelumnya pemerintah Nigeria menolak klaim Amnesty International (AI) tentang jumlah korban akibat serangan Boko Haram yang mencapai 2.000 orang, dan menyebutnya hanya 150 orang.

Mengutip keterangan saksi-saksi, AI menyebut anggota-anggota Boko Haram melakukan pembunuhan tanpa pandang bulu, dan kerusakan yang ditimbulkannya sebagai “bencana”.

Selama seminggu terakhir terjadi peningkatan serangan Boko Haram, di antaranya melibatkan para pembom bunuh diri anak-anak. Serangan-serangan ini terjadi menjelang dilakukannya pemilihan umum bulan depan, menimbulkan keragu-raguan tentang kemampuan pemerintah menjaga keamanan pemilu tersebut.

Menurut AI serangan terhadap Baga dan Doron Baga, di timur laut Nigeria, merupakan serangan terbesar Boko Haram. Sebanyak 620 bangunan hancur di Baga dan 3.100 bangunan hancur di Doro Baga.

Sebagai perbandingan, 2 gambar satelit ditunjukkan AI. Satu gambar dibuat sebelum serangan, yaitu tanggal 2 Januari, sedangkan gambar satunya lagi dibuat setelah serangan, yaitu tanggal 7 Januari.

“Gambar-gambar yang detil ini menunjukkan bencana kehancuran di 2 kota, satu di antaranya hampir lenyap dari peta hanya dalam selang waktu 4 hari,” kata Daniel Eyre, seorang peneliti Amnesty International.

Minggu lalu Musa Alhaji Bukar, seorang pejabat senior di kota Baga mengatakan kepada BBC bahwa kotanya yang berpenduduk 10.000 jiwa kini “tidak tampak lagi”.

“Kota itu telah terbakar habis,” katanya.

Para pejabat Nigeria mengakui Baga diserang oleh Boko Haram pada tanggal 7 Januari, 4 hari setelah mereka menduduki pangkalan militer multinasional yang ditinggalkan pasukan.

“Mereka membunuh banyak sekali orang. Saya berlari ke bus. Saat itu mereka menembak membabi buta,” kata Bukar.

Seorang saksi lain menyebutkan bahwa sebagian korban adalah wanita dan anak-anak. Boko Haram juga menyandera sejumlah wanita muda.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*