Pyongyang, LiputanIslam.com – Korea Utara tengah membangun pangkalan militer di tiga pulau buatan di Laut Kuning sebagai tempat untuk meluncurkan rudal. Demikian laporan terbaru Los Angeles Times yang dikutip kantor berita Sputnik pada Jumat (5/5).

LA Times menemukan gambar-gambar satelit yang mengindikasikan bahwa sejak 2012, setidaknya ada tiga pulau yang telah dibangun Korea Utara. Pulau tersebut berisi ruang-ruang persegi dan jalan beraspal lebar yang menandakan sebuah pangkalan militer.

“Kami tidak bisa menyatakan dengan pasti mengenai pulau-pulau tersebut digunakan untuk apa,” ujar eksekutif agensi intelijen Strategic Sentinel, Ryan Barenklau, kepada Los Angeles Times.

Pyonyang kemungkinan mengambil ide dari Beijing  yang sebelumnya diduga membangun pangkalan militer di pulau-pulau buatan di Laut Cina Selatan, yang telah mengakibatkan kemarahan AS dan sekutu-sekutunya.

Ketegangan di Semenanjung Korea sampai kini masih berlanjut, terutama setelah Cina menyatakan dukungan kepada AS untuk memberikan sanksi baru kepada Pyongyang. Republik Demokratik Rakyat Korea Utara (DPRK) secara terbuka mengecam tindakan Cina tersebut. Sementara, AS dan Korea Selatan masih melanjutkan latihan militer gabungan di dekat Semenanjung Korea. (AL/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL