bring them backAbuja, LiputanIslam.com — Lebih dari 50 gadis yang diculik kelompok Boko Haram di kota Chibok tahun lalu terlihat di kota Gwoza tiga minggu yang lalu sebelum kota itu direbut oleh militer.

Mengutip keterangan seorang saksi yang tinggal di Gwoza, BBC News melaporkan, Selasa (14/4), para gadis itu dikawal oleh para anggota Boko Haram.

“Mereka mengatakan berasal dari Chibok yang tinggal di sebuah rumah besar,” kata saksi wanita itu kepada BBC.

“Saat itu kami tengah berjalan di jalan yang sama,” tambahnya, menyebutkan saat para gadis itu meninggalkan Gwoza setelah kedatangan pasukan Nigeria.

Tiga saksi lain mengatakan hal yang sama kepada BBC.

Boko Haram mengubah kota Gwoza sebagai markas mereka setelah berhasil didudukinya pada bulan Agustus 2014. Namun pasukan Nigeria yang dibantu pasukan Chad, Niger dan Kamerun berhasil merebut kembali kota itu bulan lalu.

Kelompok Boko Haram diduga kuat melarikan diri ke Pegunungan Mandara di dekat perbatasan Kamerun. Namun tidak jelas apakah para gadis itu bersama mereka.

Boko Haram menjadi perhatian publik dunia setelah menculik 219 pelajar putri sekolah menengah di kota Chibok setahun yang lalu. Negara-negara AS, Cina, Inggris dan sejumlah negara lainnya telah menjanjikan bantuan untuk menemukan para gadis itu, namun sejauh ini tidak membawa hasil signifikan.

Minggu lalu kelompok kampanye ‘Bring Back Our Girls’ mengorganisir aksi bisu di ibukota Nigeria Abuja, untuk menarik perhatian dunia atas penculikan itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL