john allenWashington DC, LiputanIslam.com — Komandan koalisi internasional anti-ISIS yang dibentuk AS, John R. Allen, akan menanggalkan jabatannya pada November mendatang. Demikian laporan Bloomberg menyebutkan sebagaimana dilansir Press TV, Selasa (22/9).

Menurut laporan tersebut, yang diperoleh dari para pejabat Deplu yang menolak disebutkan namanya, Allen telah mengajukan surat pengunduran diri. Allen ditunjuk Presiden Obama untuk memimpin koalisi internasional anti-ISIS tahun lalu.

Staff paling senior Allen, Karin von Hippel, dilaporkan juga turut mengundurkan diri untuk bergabung dengan sebuah lembaga kajian di Inggris.

“Para pejabat AS yang mengetahui keputusan Allen ini mengatakan bahwa ia frustrasi dengan kebijakan Gedung Putih atas perang dan kegagalan menyediakan sumber-sumber yang memadai dalam perang tersebut (anti-ISIS). Ia gagal meyakinkan pemerintah untuk menyediakan tim angkatan udara untuk ditempatkan di darat untuk membantu melakukan serangan-serangan di Irak,” tulis laporan itu.

Meski telah melancarkan perang udara terhadap ISIS di Irak dan Suriah sejak tahun lalu, kelompok teroris ini justru semakin kuat. Berbagai laporan menyebutkan operasi militer hanya menjadi kamuflasi untuk  memberikan dukungan logistik dan senjata kepada ISIS.

Situs independen Voltaire.org berulangkali menyebutkan Jendral Allen telah menyebot rencana Presiden Obama untuk menyelesaikan konflik di Suriah dengan menghancurkan kekuatan ISIS dan menggelar dialog nasional.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL