ford.giDetroit, LiputanIslam.com — Ford Motor Company pada hari Kamis (29/5) mengumumkan penarikan kembali untuk perbaikan atas 1,39 juta kendaraan jenis SUV dan sedan di Amerika Serikat dan Kanada.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Ford mengemukakan penarikan itu sebagian besar terkait masalah kemungkinan hilangnya tenaga power steering. Sekitar 1,186 juta kendaraan yang ditarik itu berada di Amerika Serikat.

Menurut Ford, penarikan karena masalah power steering dilakukan terhadap 195.527 SUV Explorer di Amerika Serikat dan Kanada model tahun 2011-2013. Penarikan atas masalah yang sama juga dilakukan terhadap 915.216 Ford Escape dan Mercury Mariner SUV model tahun 2008-2011.

Hilangnya tenaga pada power steering dapat meningkatkan risiko tabrakan saat kendaraan melaju pelan. Pihak berwenang Amerika Serikat mencatat ada enam kasus yang mengakibatkan luka-luka serta lima tabrakan terkait masalah pada Escape dan Mariner.

Selain itu, hampir 200 ribu sedan Taurus model 2010-2014 juga ditarik karena masalah karat.

Di Amerika dan Kanada, pada saat musim dingin, jalan-jalan sering ditaburi garam agar genangan air tidak membeku. Ford mengemukakan, garam tersebut dapat memicu karat pada lampu yang menerangi plat nomor, dan selanjutnya bisa mengakibatkan hubungan arus pendek yang dapat menimbulkan kebakaran.

Juru bicara Ford mengemukakan ada 18 laporan pengguna tentang api yang diduga terkait dengan masalah tersebut.

Terdapat pula penarikan untuk 82.576 sedan karena karpet yang bisa mengganggu pedal gas. Penarikan masalah karpet itu berlaku untuk sedan Ford Fusion, Mercury Milan, Lincoln Zephyr, dan MKZ.(ca/ant/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL