kapal patroli finlandiaHelsinsi, LiputanIslam.com — Kapal-kapal patroli Finlandia melepaskan bom-bom bawah permukaan laut dalam upayanya untuk menemukan sebuah kapal selam misterius yang diduga berada di wilayah perairan dekat Helsinki, Selasa (28/4).

‘Obyek bawah air misterius’ itu pertama kali terdeteksi pada hari Senin (27/4) dan kemudian kembali terdeteksi pada hari Selasa (28/4), demikian keterangan AL Finlandia seperti dilaporkan BBC News.

Insiden ini terjadi di tengah ketegangan antara negara-negara NATO dengan Rusia terkait dengan krisis Ukraina serta latihan-latihan militer Rusia di kawasan tersebut.

Sebelumnya pada bulan Oktober tahun lalu Swedia juga melakukan operasi pencarian besar-besaran terhadap ‘kapal selam misterius’ di perairan dekat Stockholm. Namun operasi ini gagal menemukan benda yang dicari.

Pejabat AL Finlandia Komodor Olavi Jantunen mengatakan kepada media setempat Helsingin Sanomat bahwa bom-bom bawah air dilepaskan pada Selasa tengah malam dan dimaksudkan sebagai peringatan agar kapal selam yang dicari tersebut menampakkan diri.

“Bom-bom itu tidak dimaksudkan untuk merusak target yang dicari, melainkan untuk memberitahunya bahwa mereka telah diketahui keberadaannya.”

Sementara itu Menhan Carl Haglund mengatakan bahwa obyek yang diketahui berada di Laut Baltic itu diperkirakan adalah sebuah kapal selam. Namun ia tidak mengatakan secara tegas dugaan bahwa benda misterius itu milik Rusia.

“Kami menduga kuat bahwa terdapat aktifitas bawah air ilegal di sana. Tentu saja ini masalah yang serius ketika wilayah kita dilanggar,” katanya kepada media STT‘.

Finlandia telah meningkatkan kewaspadaannya setelah Rusia menggelar sejumlah latihan militer di dekat perbatasan kedua negara yang memiliki panjang perbatasan sejauh 1.300 km.

Media Finlandia memperkirakan benda misterius itu telah meninggalkan wilayah Finlandia, namun penyelidikan atas insiden ini masih terus berlangsung.

Finlandia bukanlah anggota NATO, namun menjalin hubungan erat dengan organisasi pertahanan Atlantik Utara ini. Awal bulan ini Finlandia dan negara-negara Nordic (Skandinavia) sepakatan meningkatkan kerjasama keamanan sebagai respon atas aktifitas militer Rusia.

Finlandia pernah terlibat perang besar maupun konflik-konflik perbatasan melawan Rusia selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL