sang-kiaiLondon, LiputanIslam.com — Film “Sang Kiai”, yang menjadi film terbaik FFI tahun 2013, bakal diputar pada Festival de Cannes ke-67 yang akan berlangsung di Cannes, Perancis, dari tanggal 14 sampai 23 Mei mendatang. “Sang Kiai” adalah film yang menggambarkan perjuangan tokoh kemerdekaan dan pendiri Nahdatul Ulama KH. Hasyim Asyari.

“Indonesia kembali berpartisipasi pada Festival de Cannes ke-67 dengan agenda utama mengikuti Marche du Film,” ujar Kasubdit Festival dan Eksibisi Film, Direktorat Pengembangan Industri Perfilman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Molly Prabawaty di London, Ahad (11/5).

Dikatakannya sekitar 50 film Indonesia akan dipromosikan dalam Festival de Cannes yang merupakan festival film yang paling bergengsi di dunia yang diselenggarakan sejak 1946.

Selain film Sang Kiai , Indonesia juga akan membawa film “99 Cahaya Langit Eropa” yang diangkat dari novel Hanum Salsabiela Rais dibantu suaminya Rangga Almahendra, serta film “Jalanan” karya sutradara Daniel Ziv, yang meraih Film Dokumenter Terbaik di Busan International Film Festival (BIFF) 2013.

Menurut Molly Prabawaty, March du Film adalah pasar film terbesar di dunia yang merupakan bagian dari program Cannes Film Festival yang setiap tahunnya dihadiri sekitar 10.000 pebisnis film dari seluruh dunia.

Sementara dalam rangkaian Festival de Cannes kali ini dihadiri oleh lebih dari 10.000 peserta yang bergerak di industri perfilman, pengusaha perfilman, produser, sutradara, bintang film, pekerja film dan wartawan dari sekitar 96 negara di dunia.

Dikatakannya selain berpartisipasi pada Marche du Film dengan membuka booth seluas 28 meter per segi di Riviera, dengan membawa sekitar 50 film Indonesia akan dipromosikan di booth Indonesian Cinema.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL