ki-ka: Alidoosti, Farhadi, Hosseini

ki-ka: Alidoosti, Farhadi, Hosseini

Tehran, LiputanIslam.com–Sutradara kawakan Iran, Asghar Farhadi dan aktor terkenal, Shahab Hosseini, telah memenangkan penghargaan untuk skenario terbaik dan aktor terbaik dalam Festival Film Internasional, Cannes, Perancis.

Film yang meraih kemenangan tersebut berjudul “The Salesman” dan dibintangi juga oleh aktris Iran, Taraneh Alidoosti. Kedua bintang film ini (Hosseini dan Alidoosti) pernah bermain di film Death of Salesman karya sutradara Arthur Miller. Film The Salesman direkam di Teheran dan bercerita tentang situasi yang dihadapi seorang suami setelah terjadinya serangan terhadap istrinya.

“Penghargaan ini milik rakyat Iran, jadi saya memberikannya kepada mereka,” kata Hosseini mengomentari penghargaan yang didapatnya.

Aktor berusia 42 tahun ini sebelumnya memenangkan Silver Bear untuk Aktor Terbaik serta Fajr Film Festival Simorgh untuk Aktor Terbaik dalam film “A Separation” (2011). The Salesman meraih perhatian global karena menjadi film Iran pertama yang memenangkan Oscar, Academy Award untuk Film Berbahasa Asing terbaik di Academy Awards ke-84, juga mengantongi Golden Globe Award untuk film internasional terbaik.

Sementara itu, karya sutradara Farhadi yang berjudul “Le Passe” (Masa Lalu) telah dinominasikan untuk Palme d’Or pada tahun 2013. (dw/presstv)

Berikut ini cuplikan film The Salesman:

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL