anti cinaManila, LiputanIslam.com — Polisi Filipina menangkap 3 tersangka perencana serangan terhadap kedubes Cina dan mall dan fasilitas lain milik investor dan warga Cina. Demikian keterangan pejabat kepolisian setempat sebagaimana dilaporkan BBC News, Selasa (2/9).

Orang-orang itu disebutkan tengah merakit bom buatan sendiri yang akan digunakan dalam serangan. Ketiganya ditangkap hari Senin (1/9) di sebuah taman parkir di bandara Manila.

Polisi menyebut, motif mereka untuk melakukan serangan adalah kemarahan kepada pemerintah Cina atas perselisihan wilayah dengan Filipina di Laut Cina. Mereka juga jengkel pada pemerintah Filipina yang dianggap terlalu “lembek” terhadap Cina.

“Mereka ingin pemerintah melakukan langkah lebih keras dalam perselisihan dengan Cina,” kata Menteri Kehakiman Leila de Lima dalam keterangan pers yang digelar setelah terjadinya penangkapan.

De Lima mengatakan orang-orang itu sebagai “kelompok tersesat yang merasa sebagai pembela rakyat Filipina”. Ia percaya lebih banyak lagi orang yang terlibat dalam aktifitas kelompok itu.

Bukti-bukti bom-bom rakitan itu dipamerkan kepada wartawan di markas kepolisian federal di Manila, Selasa (2/9). Namun militer Filipina mengesampingkan peralatan bom itu dengan menyebutnya sebagai “mainan”.

“Itu hanya bentuk pencarian perhatian. Itu bukan serangan teroris,” kata Panglima Militer Jendral Gregorio Pio Catapang kepada wartawan tentang penangkapan itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL