Imelda-marcos-paintingsManila, LiputanIslam.com — Aparat penegak hukum Filipina menyita koleksi benda-benda seni milik mantan ibu negara Imelda Marcos setelah dituduh benda-benda tersebut diperoleh dari uang korupsi.

Sejumlah koleksi benda seni bernilai tinggi disita dari rumah milik Imelda Marcos (85 tahun) atas perintah pengadilan. Demikian laporan BBC News, Rabu (1/10).

Di antara benda-benda seni itu adalah lukisan karya master seni Picasso, Michelangelo, Gauguin dan pelukis terkenal lainnya.

Diktator Ferdinand Marcos dan istrinya, Imelda, dikenal dengan gaya hidup mewahnya saat berkuasa selama 21 tahun. Imelda, misalnya, dikenal sebagai kolektor sepatu mahal. Namun ia tidak pernah dihukum, meski sejumlah dakwaan korupsi dan kejahatan lainnya pernah menjeratnya.

Otoritas hukum Filipina mengklaim bahwa sejumlah koleksi lukisan mahal tersebut diperoleh secara ilegal dengan menggunakan uang rakyat selama kekuasaan Marcos tahun 1965 hingga tahun 1986. Ferdinand Marcos meninggal dalam pengasingan tahun 1989.

Keluarga Markos dan teman-teman dekatnya diperkirakan telah menumpuk harga kekayaan senilai lebih dari $10 miliar dalam bentuk properti, perhiasan, uang tunai dan aset-aset lainnya. Imelda, yang pada tahun 2010 terpilih sebagai anggota legislatif, secara konsisten membantah tuduhan-tuduhan korupsi tersebut.

Jubir pemerintah Nick Suarez membenarkan adanya penyitaan benda-benda seni koleksi keluarga Marcos tersebut. “Namun kami masih harus memastikan yang mana dan berapa banyak.”

Lukisan-lukisan mahal yang turut disita di antaranya adalah karya Francisco de Goya “Marquesa de Santa Cruz”, Pierre Bonnard “La Baignade Au Grand Temps”, Bernard Buffet “Vase of Red Chrysanthemums”, Joan Miro “L’Aube” dan salah satu karya Camille Pissarro “Jardin de Kew”.

Imelda Marcos mengakui sebagai penggemar benda seni dan pengacaranya menuduh penyitaan tersebut sebagai “tindakan yang sangat dipertanyakan”. Pengacara Imelda memastikan akan mengajukan banding.

Pengacara Imelda, Robert Sison, mengatakan bahwa lukisan-lukisan itu tidak menjadi bagian dari kekayaan keluarga Marcos dalam kasus yang diajukan pemerintah melawan keluarga Marcos lebih dari satu dekade lalu.

Diperkirakan Imelda Marcos menyimpan 150 karya seni tinggi, dan aparat penegak kini tengah berupaya mengetahui jejak-jejak benda seni tinggi itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL