fifa-muslim-veils-football.si

The Iranian women’s national soccer team (Reuters/Ali Jarekji)

Zurich , LiputanIslam.com – FIFA, badan yang mengatur sepak bola dunia, memberikan izin pada hari Sabtu (1/3) untuk menggunakan penutup kepala atau kerudung bagi wanita  yang merupakan salah satu kewajiban dalam agama Islam saat bertanding.  Keputusan ini dibuat setelah melakukan dua tahun uji coba dan membuktikan bahwa kerudung tidaklah menimbulkan resiko cedera.

Keputusan FIFA,  memungkinkan pemain wanita untuk memakai kerudung selama pertandingan dan kemungkinan akan meluas ke pemain pria setelah ada permintaan dari komunitas Sikh di Kanada.

“Diputuskan bahwa pemain wanita bisa menutupi kepala (mengenakan kerudung)  mereka ketika bermain, “kata Jerome Valcke, sekretaris jenderal FIFA pada pertemuan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional ( IFAB ), di Zurich, Swiss.

“Diputuskan bahwa pemain laki-laki juga bisa bermain dengan penutup kepala. Warna dasar penutup kepala harus sama dengan  warna jersey tim, “tambahnya.

Awalnya FIFA telah melarang memakai penutup kepala, tapi IFAB kemudian memberlakukan  masa percobaan selama dua tahun mulai tahun 2012 setelah ada permintaan dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC),  yang terbukti berhasil. Sebelumnya, ada kekhawatiran bahwa kerudung  akan meningkatkan resiko cedera pada kepala dan leher.

Iran berada di garis depan kampanye untuk mencabut larangan.  Teheran telah mengeluh kepada FIFA setelah tim wanitanya dilarang bermain melawan Yordania di kualifikasi untuk Olimpiade London pada Juni 2011. Akibat dari Revolusi Iran pada tahun 1979, mengenakan busana tertup dengan kerudung sehari-hari merupakan kewajiban yang harus ditaati. (LiputanIslam.com/rt/AF)

iran team

Sumber foto: Iran Watch

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*