barcelonaBarcelona, LiputanIslam.com — Klub sepakbola ternama FC Barcelona mendukung kemerdekaan wilayah Katalonia dari Spanyol, meski dengan pemisahan itu Barcelona otomatis keluar dari Liga Spanyol yang terkenal, La Liga.

Barcelona sendiri adalah kota terbesar dan kemungkinan besar akan menjadi ibukota negara Katalonia, jika benar wilayah ini memisahkan diri dari Spanyol.

“Barcelona adalah salah satu institusi pertama yang mendeklarasikan dukungan kepada hak untuk menentukan (referendum),” demikian pernyataan resmi FC Barcelona, Jumat (10/10) seperti dilaporkan BBC News.

Sebelumnya pada minggu ini FC Barcelona mendapatkan kecaman keras dari para aktifis pendukung referendum karena ketidak jelasan sikapnya atas rencana referendum di Katalonia, yang berdasar Dekrit Presiden wilayah otonomi Katalonia, akan digelar tanggal 9 November mendatang.

Pada hari Selasa (7/10) Presiden La Liga Javier Tebas, mengatakan Barcelona dan klub-klub lain yang berbasis di Katalonia tidak akan bisa lagi bermain di La Liga jika wilayah itu merdeka.

Beberapa jajak pendapat menunjukkan bahwa mayoritas dari 7,5 penduduk Katalonia mendukung referendum, dan sebagian besar supporter FC Barcelona memilih mendukung kemerdekaan.

Warga Katalonia menyebut tingginya pengangguran dan hutang pemerintah menjadi alasan untuk memisahkan diri dari Spanyol. Padahal Katalonia telah menyumbang 16 miliar euro pajak per-tahunnya ke pemerintah Spanyol.

Sebagain tambahan, wilayah itu kini harus menanggung hutang sebesar 40 miliar eoro atau sekitar Rp600 triliun, yang memaksa pemerintah daerah mengurangi anggaran kesehatan dan pendidikan.

Mareka yakin bahwa dengan merdeka, ekonomi mereka bisa lebih baik.

Katalonia yang terdiri dari provinsi-provinsi Barcelona, Girona, Lleida, dan Tarragona menyumbang seperlima ekonomi Spanyol.

Sampai saat ini pemerintah Spenyol menolak keras rencana referendum tersebut karena tidak diatur dalam konstitusi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL