facebookFlorida, Liputanislam.com—Studi terbaru hasil riset Florida State University yang dipublikasikan dalam International Journal of Eating Disorders menyatakan bahwa wanita yang menggunakan facebook terus-menerus lebih riskan mengalami gangguan makan.

“Rata-rata pemuda-pemudi yang saya ajak bekerjasama berkata bahwa panggung sosial media seperti Facebook membawa dampak negatif bagi citra diri mereka,” ucap Claire Mysko, yang mengepalai bagian sosialisasi remaja pada National Eating Disorders Association,”Hal ini karena penuhnya sosial media dengan persaingan dan tekanan untuk mempertontonkan versi “terbaik” dari dirimu,” tambahnya.

Ada dua rangkaian test yang dilakukan Florida State University, dan hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang berisiko tinggi mengalami gangguan makan adalah yang selalu memikirkan tentang komen-komen dan jumlah like dalam status fb mereka, meng’untag’ diri mereka dari foto teman dan membanding-bandingkan foto mereka dengan foto wanita lain.

Menurut survey, wanita yang asyik dengan hal-hal rumahan seperti memelihara binatang, lebih rileks dalam memikirkan masalah berat badan, sementara yang terus-menerus asyik dengan facebook, cenderung terus menerus pula tidak puas dengan berat badannya. Hasil riset juga menunjukkan wanita pengguna facebook mengalami peningkatan kecemasan, sementara peselancar dunia maya non sosmed mengalami penurunan kecemasan.

Ini bukan kali pertama Facebook dikaitkan dengan gangguan makan. Peneliti dari American University di Washington DC menekankan bahwa, gadis-gadis yang memposting foto mereka di facebook dilaporkan mengalami ketidakpuasan akan bentuk tubuh mereka. Psikolog Samuel Gosling mengatakan,”Mungkin saja foto teman, yang menurut orang lain menarik adalah foto yang paling membuat mereka(gadis-gadis ini) terpukul.”(lb/nwn/liputanislam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*