facebook messangerMenlo Park, LiputanIslam.com — Raksasa sosial media Facebook mengumumkan keberhasilannya menjaring 500 juta pengguna di seluruh dunia untuk aplikasi terbarunya, Facebook Messenger.

Angka itu berarti lebih dari 2 kali lipat dari angka pengguna Facebook Messenger pada bulan April lalu yang baru mencapai angka 200 juta. Demikian perusahaan itu mengumumkan sebagaimana dikutip BBC News, Selasa (11/11).

Facebook mulai memasarkan program aplikasi Messenger-nya itu sejak tahun 2011, namun baru bulan Juli lalu mengharuskan pengguna untuk men-download-nya terlebih dahulu dari layanan reguler Facebook.

“Perpesanan adalah bagian penting dari bagaimana orang saling berhubungan sejak Messenger diluncurkan tahun 2011. Kami tergugah untuk memberikan masyarakat cara yang lebih cepat dan ekspresif untuk berkomunikasi,” tulis Direktur Menejemen Produk Facebook Peter Martinazzi dalam sebuah blog minggu lalu.

Pada bulan April Facebook mengumumkan kepada para penggunanya bahwa mereka harus men-download aplikasi terpisah untuk mengirim video, melakukan panggilan bebas dan ber-chating dengan teman-temannya. Namun langkah itu diprotes oleh para pengguna Facebook yang tidak ingin meninggalkan Facebook untuk mengirim pesan.

Messenger adalah aplikasi mandiri kami yang pertama, dan berbeda dengan aplikasi utama (reguler), aplikasi ini fokus pada satu penggunaan, yaitu perpesanan,” tambah Martinazzi.

Martinazzi menjamin bahwa pihaknya akan terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan, mengupdate “kapal” Messenger setiap 2 minggu sekali. Ini menunjukkan bahwa Facebook akan mempertahankan kebijakannya mewajibkan pengguna melakukan download, meski terdapat tanggapan negatif yang cukup luas.

Sementara itu, Facebook terus berusaha menjadi pemain utama dalam bisnis “mobile messaging” dengan mengakuisisi operator aplikasi pesan instan populer WhatsApp, yang bulan lalu selesai prosesnya, dengan nilai akuisisi mencapai $22 miliar.

Saat ini WhatsApp telah digunakan oleh lebih dari 600 juta pengguna di seluruh dunia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL