facebookLos Angeles, LiputanIslam.com — Media sosial populer Facebook mengalami gangguan layanan sehingga tidak bisa diakses di sebagian besar wilayah dunia, Selasa (27/1) siang. Gangguan tersebut juga mempengaruhi akses aplikasi Instagram.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Facebook mengatakan bahwa gangguan tersebut kemungkinan disebabkan oleh kesalahan teknis yang dilakukan para teknisinya, sekaligus membantah rumor tentang serangan hacker.

“Baru saja sore ini sebagian besar orang mengalami masalah dalam mengakses Facebook dan Instagram,” kata jubir Facebook kepada BBC.

“Ini bukan disebabkan oleh serangan ‘pihak ketiga’ melainkan terjadi setelah dilakukannya satu perubahan yang mempengaruhi sistem konfigurasi,” tambahnya.

“Kami berhasil mengatasi masalah dengan cepat dan layanan keduanya (Facebook dan Instagram) kembali normal 100%,” katanya lagi.

Menurut laporan BBC, gangguan tersebut berlangsung sekitar 40 menit sebelum kembali normal. Layanan aplikasi Tinder yang juga mendasarkan diri pada Facebook juga mengalami gangguan.

Sekelompok hacker yang menamakan diri “Lizard Squad” telah mengklaim melalui Twitter sebagai penanggungjawab gangguan itu. Kelompok ini juga dianggap bertanggung jawab atas serangan siber terhadap jaringan permainan online PlayStation Network Sony dan Xbox Live Microsoft.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*