dubes eropaGenewa, LiputanIslam.com — Setelah para pejabat AS, kini giliran pejabat-pejabat Uni Eropa yang menyatakan kegeramannya terhadap tindakan Israel yang terus membangun pemukiman ilegal di wilayah pendudukan Palestina dan secara efektif menghentikan peluang perdamaian dengan Palestina-Israel.

Dubes Uni Eropa untuk Israel Lars Faaborg-Andersen, Jumat (27/6) berbicara dalam sebuah acara seminar yang digelar Geneva Initiative mengatakan bahwa sejumlah negara Eropa telah mendesak warga negaranya untuk menjauhi bisnis dengan perusahaan-perusahaan Israel.

Di antara negara Eropa itu adalah Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Inggris dan Belanda. Keenamnya telah
melarang dunia usaha mereka untuk menanamkan investasi pada proyek-proyek Israel di wilayah Jerusalem timur, Tepi Barat dan Dataran Golan. Keenamnya juga telah mengingatkan Israel untuk tidak membangun pemukinan di luar “Garis Hijau”, yaitu pembatas antara Israel dengan Palestina.

“Negara-negara Eropa telah kehilangan kesabaran setelah merasa tidak diperhatian dengan serius oleh Israel,” kata Lars Faaborg-Andersen sebagaimana dilaporkan Russia Today, Sabtu (28/6).

Menurut Lars Uni Eropa kini lebih konsisten untuk mengimplementasikan kebijakan yang ada, dan melakukan langkah-langkah lebih serius atas masalah pemukiman itu. Menurutnya, jika Israel terus-menerus melanggar kesepakatan tentang penghentian pembangunan pemukiman ilegal, lebih banyak negara Eropa yang akan melarang kegiatan bisnis dengan Israel.

Masyarakat internasional menganggap pemukiman yahudi di wilayah pendudukan Palestina adalah ilegal.

“Investor-investor Eropa harus berhati-hati atas implikasi-implikasi potensial atas reputasi mereka,” kata Lars.

Hari Selasa (24/6) kemenlu Perancis mengeluarkan peringatan kepada warganya bahwa Jerusalem timur, Tepi Barat dan Dataran Golan adalah wilayah yang diduduki oleh Israel (secara ilegal), dan karenanya melakukan kegiatan bisnis di wilayah itu mengandung risiko serius.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL