charlie hebdo nigerNiamey, LiputanIslam.com — Empat orang tewas dan 45 terluka dalam aksi protes di kota terbesar kedua Niger terhadap majalah satir Prancis Charlie Hebdo yang menampilkan kartun Nabi Muhammad SAW.

Mendagri Niger Massaoudou Hassoumi, mengatakan, seorang polisi dan tiga warga sipil meninggal dalam aksi tersebut di kota Zinder, hari Jumat (16/1), dimana tiga gereja dijarah dan pusat kebudayaan Prancis dibakar.

Sebagaimana dilansir kantor berita Antara, Sabtu (17/1), ribuan pengunjuk rasa berkumpul di luar masjid setelah salat Jumat untuk melampiaskan kemarahan pada penggambaran Nabi Muhammad SAW, yang dianggap tabu bagi sebagian besar umat Muslim.

Dua puluh dua anggota pasukan keamanan dan 23 pengunjuk rasa terluka dalam bentrokan berikutnya, radio nasional melaporkan. Dari 3 gereja yang diserang itu sebuah gereja milik umat Katolik dan dua lainnya adalah gereja Protestan.

Seorang dokter di rumah sakit kota tersebut mengatakan kepada AFP tiga dari orang-orang yang terluka tersebut mengalami luka tembakan.

Aksi-aksi protes menentang kartun Nabi Muhammad dalam edisi terbaru Charlie Hebdo menyusul serangan terhadap majalah itu minggu lalu, juga terjadi di berbagai negara di dunia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*