Yerusalem, LiputanIslam.com–Anggota parlemen Israel dan pemimpin kelompok ekstrem Yahudi, Rabbi Yehuda Glick, diketahui memasuki masjid Al-Aqsa bersama sejumlah pemukim Yahudi ekstrem, dalam rangka merayakan pernikahannya.

Menurut situs berita Palestine News Network, saksi mata yang mengatakan bahwa pada Senin lalu (28/1) Glick terlihat mendokumentasikan acara “pengudusan pernikahannya menurut ritual Talmud” dengan ponselnya. Tunangannya kemudian memasuki masjid.

Pada tahun 2014, pernah mengalami upaya pembunuhan di Yerusalem, setelah menyampaikan pidato yang memprovokasi agar kaum Yahudi dibolehkan berdoa di Temple Mount (yang oleh umat Muslim disebut ‘Haram Asy-Syarif’), sebuah kawasan di dalam kompleks Masjid Al Aqsa. Glick kemudian menjadi anggota parlemen untuk partai Likud, partai sayap kanan yang dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Selain terus mendesak agar Haram Al Syarif dibebaskan untuk kaum Yahudi,  Glick juga mendukung gerakan perluasan pembangunan permukiman Yahudi di atas wilayah Palestina dan mengintegrasikan wilayah-wilayah permukiman illegal itu ke dalam wilayah negara Israel.

Salah satu penjaga masjid Al-Aqsa menilai bahwa kedatangan Glick merupakan pendahuluan bagi serangan terhadap masjid suci ini. Beberapa hari setelah kejadian itu, gerombolan pemukim Yahudi melakukan aksi-aksi provokasi di kompleks Al Aqsa. (ra/pnn).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*