al-shabaabMoghadishu, LiputanIslam.com Alih-alih turut mengangkat senjata dan bergabung bersama kelompok Al-Shabaab melawan pasukan Ethiopia dan Uni Afrika di bawah Misi Persatuan Afrika di Somalia (AMISOM),  penduduk kota-kota di wilayah Somalia Tengah justru memilih melarikan diri dari rumah-rumah mereka di kegelapan malam.

Kelompok ekstrimis Al Shabab yang pada hari Jum’at (21/2) menyerang istana kepresidenan untuk menculik atau membunuh Persiden Somalia,  mulai berupaya merekrut pasukan dari penduduk sipil sejak 10 Februari, menyusul pengumuman pasukan Uni Afrika dari Ethiopia akan segera tiba.

Menggunakan pengeras suara, kelompok Al-Shabab mengumumkan bahwa warga Bulo Burde, El Bur, Galhareri dan kota-kota lain yang berada di bawah kontrol mereka  wajib bergabung dalam perang melawan pasukan Ethiopia yang”menjajah” Somalia. Mereka berdalih bahwa pasukan Ethiopia ingin menyebarkan kristenisasi di Somalia dan bahwa tugas setiap warga Somalia untuk melawan mereka.

Mohammed Abdi, 40 tahun, pemilik sebuah toko kelontong di kota El Bur mengatakan bahwa ia melarikan diri dari kotanya pada tanggal 11 Februari karena takut direkrut paksa kelompok eksrimis al-Shabab.

“Apa yang membuat saya lari dari El Bur adalah ketika  sekitar 100 orang yang tengah melaksanakan ibadah sholat Jum’at di masjid El Bur dipaksa mendengarkan khotbah tentang jihad dan bagaimana musuh Tuhan telah menyerang negara kami,” jelas Abdi kepada wartawan Sabahi.”

“Mereka berkata bahwa ini adalah tugas Islami kami untuk bergabung dengan perang ini dan siapapun yang menolak akan mendapat hukuman berat. Setiap kali kelompok al Shabab merasa terancam, pasti mereka akan berkata bahwa masyarakat kamilah yang diserang,” tambahnya.

Yahye Jama, 52 tahun, tokoh masyarakat di Desa Galhareri, Propinsi Galdadud juga menyatakan pada wartawan bahwa hingga kini semua pria dari segala usia telah melarikan diri dari kota secara diam-diam setiap malam.(lb/allafrica)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL