program tv koreaSeoul, LiputanIslam.com — Ekspor program TV Korea Selatan melonjak dalam dua tahun terakhir, didukung oleh meningkatnya popularitas budaya Korea. Demikian menurut data pemerintah seperti dilansir Antara, Senin (14/12).

Menurut data Kementerian Sains, Teknologi Informasi Komunikasi dan Perencanaan Masa Depan serta Komisi Komunikasi Korea, nilai ekspor program-program TV Korea Selatan bernilai hingga $256,28 juta tahun lalu. Angka ini naik sampai tujuh persen dari tahun sebelumnya dan 42,6 persen lebih tinggi dari nilai ekspor program TV tahun 2012 yang menurut data itu nilainya $179,72 juta.

Tujuan ekspor program TV Korea Selatan terutama adalah negara-negara Asia, termasuk Jepang dan Tiongkok.

Jaringan penyiaran seperti KBS, MBC dan SBS tahun lalu mengekspor program TV dengan nilai 67,88 juta dolar AS ke Jepang atau 32 persen dari total penjualan di luar negeri. Sementara ekspor ke Hong Kong nilainya 48,78 juta dolar AS dan ke Tiongkok tercatat 43,21 juta dolar AS.

Tiongkok adalah pasar terbesar tempat para penyedia program menjual produk mereka sampai 13,72 juta dolar AS tahun lalu, demikian seperti dilansir kantor berita Yonhap.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL