iranpet-webTeheran, liputanislam.com — Ekpor produk-produk petrokimia Iran mencapai $9 miliar dalam 10 bulan terakhir. Berada di belakang Saudi Arabia sebagai negara eksportir petrokimia terbesar di Timur Tengah, Iran berambisi menjadi eksportir terbesar dalam beberapa tahun mendatang.

Data yang dirilis Kantor Bea Cukai Customs Iran Hari Sabtu (25/1) menunjukkan bahwa ekspor kondensat gas Iran mencapai $8.52 dari total ekspor produk-produk pkuetrokimia. Dalam hal produk-produk non-minyak, ekspor Iran mencapai $5,9 miliar ke Cina saja, disusul $4,79 miliar ke Irak, $2,9 miliar ke Uni Emirat Arab, $2,1 miliar ke India dan $2,2 miliar ke Afghanistan.

Secara keseluruhan ekspor non-minyak Iran mengalami kenaikan sebesar 15,33 persen dari tahun 2012.

Iran menerima $12 miliar dari ekspor produk-produk petrokimia selama tahun kalender terakhir Iran yang berakhir pada bulan Maret 2013.

Hampir 60 negara yang kebanyakan dari Asia Selatan dan Asia Tenggara yang menjadi pengimpor produk-produk petrokimia Iran.

Pemerintah Iran telah mentargetkan untuk menjadi eksportir petrokimia terbesar di Timur Tengah. Untuk mencapainya Iran mengembangkan jenis produk ekspornya sekaligus meningkatkan kuantitasnya dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan petrokimia Iran National Petrochemical Company (NPC) kini menempati peringkat kedua eksportir petrokimia di Timur Tengah.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL