iran oil exportTeheran, LiputanIslam.com — Ekspor minyak Iran bulan Januari dan Februari 2014 berhasil meraih rekor tertinggi dalam setahun terakhir. Demikian laporan Badan Energi Internasional (IEA) baru-baru ini.

Dalam laporan yang dirilis hari Jumat (14/3), IEA menyebutkan ekspor minyak Iran berupa minyak mentah dan kondensat, mencapai 1,41 juta barrel per-hari selama bulan Januari dan Februari lalu.

IEA menyebutkan kontribusi terbesar kenaikan tersebut karena “penjualan minyak kondensat ke pembeli-pembeli di Asia”, terutama ke Jepang dan Korea. Menurut laporan tersebut, ekspor minyak ke Turki sebagaimana ke Suriah mengalami kenaikan signifikan.

Kenaikan tersebut diduga kuat karena pengaruh positif dari pencabutan sebagian sanksi terhadap Iran oleh negara-negara barat setelah tercapainya kesepakatan program nuklir Iran dengan negara-negara Sextet (Amerika, Perancis, Inggris, Rusia, Cina dan Jerman) pada tgl 24 November 2013 lalu.

Pada awal 2012 Amerika dana Uni Eropa menerapkan sanksi perdagangan atas Iran, khususnya di sektor keuangan dan perminyakan, dengan tujuan mencegah negara-negara untuk melakukan pembelian minyak dari Iran. Sanksi tersebut diterapkan setelah munculnya kecurigaan, yang sampai saat ini tidak terbukti, bahwa Iran tengah membangun senjata nuklir.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL