ekor AirAsia dalam keadaan hancur (foto: Detikcom)

ekor AirAsia dalam keadaan hancur (foto: Detikcom)

Pangkalan Bun, LiputanIslam.com–Ekor pesawat AirAsia QZ8501 sudah berhasil diangkat ke permukaan laut. Posisi ekor pesawat di dasar laut telah ditemukan sejak 3 hari yang lalu, namun baru hari ini bisa dibawa naik ke kapal Crest Onyx oleh tim SAR gabungan dengan crane.  Namun sayang, black box sudah tidak berada lagi di tempatnya.

“Tidak ada, di ekor sudah lepas,” ujar Direktur Operasional Basarnas Marsma SB Supriyadi dalam jumpa pers di Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, seperti dikutip Detikcom (10/1/2015).

Supriyadi mengatakan kemungkinan black box sudah lepas dari tempatnya yang berada di ekor pesawat. Sinyal black box tertangkap di arah tenggara tempat penemuan ekor pesawat.

“Sinyal ada di tenggara dari ekornya berjarak kurnag lebih 1 km,” kata Supriyadi.

Seperti yang sudah-sudah, jika koordinasi dugaan posisi black box sudah ditemukan maka penyelam akan diterjunkan ke laut. Mereka akan melakukan konfirmasi visual dari sinyal itu.

Detik-detik ketika ekor QZ8501 muncul ke permukaan di Selat Karimata, Sabtu (10/1/2014) diiringi oleh tepuk tangan membahana dari Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan pejabat lainnya yang memantau dari KRI Banda Aceh. Selama ini, pengangkatan ekor terhambat gelombang yang tinggi di sekitar Selat Karimata. Ekor ditemukan di kedalaman 35 meter. (fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*