Sumber: market.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan penguatan rupiah bukan karena Jokowi effect.

“Tapi ini bukan Jokowi effect melainkan situasi demo yang berjalan kondusif tidak ada kerusuhan,” kata Bhima, Kamis (27/6).

Menurut Bhima, sebelum Jokowi dipastikan menang, sejak kemarin pasar sudah merespons positif. Hal ini ditunjukkan dengan IHSG yang mencatatkan kenaikan 0,67 persen dan rupiah menguat 0,25 persen saat penutupan.

Baca: Jumat Pagi, Rupiah Menguat ke Posisi  Rp 14.135 per Dolar AS

Dia menyampaikan, dengan keluarnya putusan MK yang memastikan Jokowi menang itu,  pasar tinggal menunggu susunan kabinet baru bulan Oktober mendatang. Sehingga, kondisi politik bisa lebih stabil.

Pada perdagangan Jumat (28/6), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat dari posisi Rp14.140 per dolar AS ke posisi Rp14.135 per dolar AS.

Sementara itu, Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim berpendapat, penguatan rupiah dipengaruhi oleh hasil keputusan gugatan sengketa pemilihan presiden dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Ekonom Maybank Indonesia Myrdal Gunarto menambahkan, Hasil keputusan MK tersebut masih akan mendominasi pergerakan rupiah.

“Rupiah diperkirakan akan menguat, meski relatif terbatas mengingat ini periode akhir bulan yang rawan profit taking di pasar keuangan maupun pemenuhan kebutuhan rutin dollar di periode akhir bulan dari pelaku bisnis maupun BUMN dan pemerintah,” jelasnya.

Dari sisi eksternal, para investor tengah fokus pada pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di KTT G20. Jika pertemuan tersebut berjalan lancar, maka akan membawa dampak positif bagi mata uang garuda. Jika tidak, maka perang dagang akan kembali berlanjut.

Akan tetapi, menurut Myrdal, pengaruh entimen eksternal seperti perang dagang dan ketidakstabilan pasar keuangan global masih belum dominan. (sh/kompas/tempo/cnnindonesia)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*