dubes libyaAmman, LiputanIslam.com — Duta Besar Yordania untuk Libya telah dibebaskan oleh para penculiknya dan kini sedang dalam perjalanan pulang ke negaranya. Demikian keterangan pemerintah Yordania.

“Duta Besar sedang dalam perjalanan pulang dan dalam kesehatan yang baik,” kata Menteri Luar Negeri Yordania Nasser Joudeh, seperti dilansir Reuters, Selasa (13/5).

Sementara saluran berita televisi Arab Al Arabiya, melaporkan Kementerian Luar Negeri Libya telah mengkonfirmasi pembebasan itu. Televisi Qatar Al Jazeera juga melaporkan berita serupa.

Duta Besar Fawaz al-Itan diculik bulan lalu oleh kelompok bersenjata yang menuntut pejuang militan Islam dibebaskan dari penjara Yordania untuk ditukar dengan pembebasan duta besar.

Hingga kini belum ada indikasi apakah tuntutan penculik itu dipenuhi. Namun kantor berita Libya, LANA, melaporkan bahwa pemerintah Yordania setuju menyerahkan pejuang militan Islam Libya bernama Mohamed Dersi ke Tripoli untuk ditukar dengan pembebasan Itan.

Mohamed Dersi divonis penjara seumur hidup pada 2007 karena berencana meledakkan bandara utama di Yordania.

Analis mengatakan memenuhi tuntutan para penculik bisa menjadi preseden berbahaya bagi pemerintah Yordania yang merupakan sekutu penting Amerika Serikat dalam perang melawan kelompok Al-Qaeda.

Paska tumbangnya pemerintahan Khadafi, Penculikan kini telah menjadi hal yang biasa terjadi di Libya, di mana para diplomat asing sering menjadi target.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL