New York, LiputanIslam.com–Duta AS untuk PBB, Nikki Haley, mengatakan bahwa ujicoba nuklir terbaru yang diluncurkan Korea Utara disetir oleh gangguan “paranoid”  Kim Jong-un.

“Saya pikir Anda harus melihat dulu isi kepala Kim Jong-un, karena dia sedang mengalami gangguan paranoid. Dia sangat khawatir atas semua hal di sekitarnya,” kata Haley dalam acara ‘This Week’ di ABC News.

“Meluncurkan ujicoba rudal bukan cara untuk melakukan perundingan damai dengan Presiden (Donald Trump) karena dia benar-benar tidak akan melakukannya,” lanjutnya. “Sampai dia (Kim Jong-un) memenuhi keinginan kami, kami tidak akan berunding dengan dia,”

Pada hari Minggu kemarin, Korea Utara meluncurkan tembakan yang diperkirakan merupakan sebuah jenis baru dari rudal jarak menengah.

Washington telah berkali-kali memperingatkan Pyongyang agar tidak melakukan tindak provokasi apapun.

Trump sendiri pernah memanggil Kim seorang “lelaki cerdik,” dan dia akan merasa “terhormat” jika bisa bertemu dengan pemimpin Korut itu. Diplomat dari kedua negara pun menyatakan bahwa pertemuan Kim dan Trump bukan hal yang mustahil.

Sementara itu, Haley menegaskan bahwa peluncuran rudal tersebut adalah peringatan bagi komunitas internasional agar memberikan “pesan terpadu yang kuat” melawan Korea Utara. (ra/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL