Nikki Haley

New York, LiputanIslam.com–Duta AS untuk PBB Nikki Haley mengatakan, Amerika tidak lagi tertarik meggulingkan Presiden Bashar al-Assad karena pemerintahan baru AS telah mengganti prioritas di Suriah.

“Prioritas kami bukan lagi menjatuhkan Assad,” kata Haley kepada kantor berita Reuter pada Kamis (30/03/2017). “Prioritas kami adalah untuk melihat bagaimana kami menyelesaikan berbagai masalah, siapa yang harus diajak bekerjasama untuk membuat perubahan besar bagi rakyat Suriah,”

“Kami tidak harus fokus kepada Assad seperti yang dilakukan pemerintahan sebelumnya. Apakah kami berpikir dia adalah gangguan? Ya. Apakah kami akan fokus menjatuhkannya? Tidak.” tambah Haley.

Di hari yang sama, Menlu AS Rex Tillerson mengatakan nasib Presiden Assad berada di tangan rakyat Suriah.

“Saya kira status jangka panjang Presiden Assad akan diputuskan sendiri oleh rakyat Suriah,” kata Tillerson dalam konferensi pers dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu di Ankara.

Dalam wawancara pertama sejak kemenangan pemilu tahun lalu, Trump sempat mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa dirinya memiliki “pendapat berlawanan dengan banyak pihak mengenai Suriah.””

Trump menyatakan, AS harus berperang melawan ISIS dan berhenti menyerang pemerintahan Assad.

Ia juga mengkritisi kebijakan pemerintah Obama yang mencoba mencari “kelompok oposisi Suriah moderat” untuk melawan Assad. Ia berjanji akan melakukan langkah bebeda dengan Rusia dalam penyelesaian konflik Suriah.

Menurut analis politik asal AS, Dennis Etler, waktu sedang berpihak kepada aliansi Suriah-Rusia dan Amerika tidak lagi bisa memaksakan kehendak  mereka dalam perang Suriah. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL