New York, LiputanIslam.com—Duta AS untuk PBB, Nikki Haley, mengatakan bahwa Amerika Serikat “benar-benar” mendukung solusi dua negara Israel-Palestina, meski mereka masih mencari cara lain yang lebih baik untuk mendukung  perdamaian antara kedua pihak.

“Kami benar-benar mendukung solusi dua-negara, tapi kami juga masih berpikir out-of-the-box,” kata Haley kepada wartawan setelah mengikuti pertemuan Dewan Keamanan PBB dengan tema konflik Israel-Palestina, pada Kamis (16/02/17).

Haley mengulang pernyataannya tentang dukungan AS terhadap solusi dua-negara sebanyak tiga kali untuk menjawab pertanyaan bagi wartawan.

Washington disebutnya ingin membantu Israel dan Palestina “bertemu di meja dan berbicara baik-baik, untuk mengatakan ‘okay mari kita selesaikan masalah ini kembali: apa yang bisa kita sepakati?’”

Pernyataan Haley ini dilontarkan sehari setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan dalam konferensi pers dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa dia mendukung solusi satu-negara maupun dua-negara.

“Saya mendukung dua-negara, satu-negara, dan saya suka solusi yang didukung oleh kedua pihak… Saya mendukung keduanya,” kata Trump.

“Saya sempat berpikir tentang solusi dua-negara karena terlihat lebih baik untuk kedua negara, tapi sejujurnya, jika Bibi [Netanyahu] dan rakyat Palestina, jika Israel dan rakyat Palestina senang, saya juga akan senang dengan solusi yang mereka suka.“

Namun, seorang pejabat Gedung Putih pada hari sebelumnya mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Presiden Trump tidak akan meneruskan kebijakan AS sebelumnya yang mendukung solusi dua-negara.

“Solusi dua-negara yang tidak membawa perdamaian bukanlah tujuan ingin dicapai semua orang,” kata pejabat yang tak mau disebut namanya itu. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL