Vladimir-Putin-SunglassesMoscow, LiputanIslam.com – Sikap Presiden Rusia atas Ukraina dan situasi di Krimea telah meningkatkan kepercayaan rakyat Rusia terhadapnya. Hal ini diungkapkan Nikolai Mironov, Direktur Umum Institut Proyek Prioritas Nasional pada Interfax, Kamis (13/3)

Mironov mengutip data  Penelitian Pendapat Publik Seluruh Rusia (VTsIOM) yang menyatakan bahwa saat ini elektabilitas Vladimir Putin meningkat tinggi bahkan lebih tinggi dari yang pernah didapatnya setelah pelantikan di tahun 2012.

“Elektabilitas Putin bahkan lebih tinggi dari yang pernah diraihnya di tahun 2012, saat ia dilantik menjadi presiden. Saat ini tingkat elektabilitasnya telah mencapai titik tertinggi. Saya percaya hal itu akan tetap bertahan dan bahkan mungkin bertambah,” ungkap Mironov.

Menurut Mironov, berbagai lapisan masyarakat kini mendukung penuh presidennya, terutama karena sikap Putin atas Ukraina.

“Kami tak hanya membicarakan beberapa kelompok sosial yang sejak awal memang mendukung Putin, kami kini memiliki konsensus yang lebih luas lagi. Kami telah berhasil mencapai konsolidasi kemasyarakatan, yang terlihat dari data yang ada,” tambahnya.

“Peningkatan stabil atas elektabilitas Presiden ini terkait dengan kesuksesan penyelenggaraan dua olimpiade Sochi: Olimpiade Utama dan Paralimpiade. Namun hal terpenting yang menaikkan elektabilitas adalah, sikap Presiden atas situasi politik di Ukraina dan Krimea. Sikap yang bertujuan untuk membela kepentingan Ukraina  dan menolong etnis Rusia disana. Hal itu sangat penting bagi para pemilih dan responden. Tak diragukan lagi, hal itu mempengaruhi elektabilitas,” ucap Moronov.

Menurut jajak pendapat yang dilakukan VTsIOM, tingkat elektabilitas Putin kini mencapai 71,6%, dimana ini adalah level tertingginya selama bertahun-tahun.  Menurut jajak pendapat tersebut juga,  masyarakat Rusia menyambut positif kerja Putin selama beberapa tahun terakhir dan semenjak pertengahan Februari tingkat elektabilitas Putin naik 9,7%.(lb/zerohedge/liputanislam)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*