Potret Kamp Rukban, di Suriah.

Rukban,LiputanIslam.com—Kepala Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia, Mikhail Mizintsev, mengatakan pada Selasa kemarin (19/2) bahwa dua koridor kemanusiaan untuk para pengungsi yang ingin meninggalkan kamp pengungsi Rukban sudah bisa dilalui.

“Sesuai dengan pernyataan bersama pada 16 Februari antara pusat koordinasi Rusia dan Suriah mengenai pembukaan koridor kemanusiaan untuk evakuasi warga Suriah dari kamp Rukban, bahwa dua pos pemeriksaan di Jleb dan Jabal al-Ghurab dibuka hari ini,” kata Mizintsev.

Sebelumnya diumumkan bahwa pos-pos pemeriksaan akan beroperasi sepanjang waktu. Penegak hukum Suriah dan polisi militer Rusia akan menjaga keamanan sepanjang operasi berlangsung.

Rukban terletak di zona keamanan Al-Tanf, tempat AS memasang pangkalang militernya. Gerilyawan oposisi telah memblokir perimeter di zona keamanan untuk pengiriman bantuan kemanusiaan dari PBB dan pemerintah Suriah ke kamp. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, Rukban menampung sekitar 40.000 orang, kebanyakan wanita dan anak-anak. Beberapa penghuni kamp dikabarkan telah meninggal karena keadaan yang sangat buruk. (fd/Tass)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*