Pyongyang, LiputanIslam.com–Korea Utara dan Korea Selatan setuju mencapai perjanjian damai yang lebih jauh dalam pertemuan antara pemimpin Korut Kim Jong-un dan presiden Korsel Moon Jae-in di Pyongyang.

Kedua pemimpin ini bertemu pada Rabu (19/9/18) dan berjanji melakukan langkah lebih dekat menuju perdamaian dengan mengubah Semenanjung Korea menjadi “tanah damai tanpa senjata nuklir dan ancaman nuklir.”

“Era tanpa perang telah dimulai,” tegas Moon dalam konferensi pers bersama dengan Kim. “Hari ini, Utara dan Selatan memutuskan untuk menghapus semua ancaman dati seluruh Semenanjung Korea.”

Ia menambahkan, Kim telah “setuju untuk menutup pusat ujicoba rudal Tongchang-ri secara permanen …. dengan  pantauan para ahli dari negara-negara yang bersangkutan.”

Selain itu, menurut Mooon, pemimpin Korut juga berjanji menutup fasilitas nuklir Yongbyon hanya jika AS melakukan “tindakan yang sesuai.”

Kedua negara Korea “telah memperlihatkan kepercayaan satu sama lain tanpa henti dan saya harap akan ada pertemuan lain antara dua negara secepat mungkin,” papar Moon. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*