foto: indonesiahebat.org

Situs Gunung Padang dari kejauhan (foto: indonesiahebat.org)

Jakarta, LiputanIslam.com–Selain telah mampu membuat drone, ternyata Indonesia juga sudah memulai penggunaan drone untuk jurnalistik. Drone adalah pesawat tanpa awak yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, misalnya untuk pengintaian, pemotretan udara pada area yang sangat luas, pengukuran karakteristik atmosfer, dan pemantauan kebocoran listrik pada kabel listrik tegangan tinggi.

Sementara itu, situs Kompas.com mempelopori penggunaan drone untuk jurnalistik di Indonesia. Hasilnya adalah foto-foto dan video tentang sebuah sumber berita, sehingga masyarakat dapat menikmati suguhan berita yang lebih menarik.

Pada bulan Mei lalu, misalnya, Kompas.com menggunakan drone  yang dilengkapi kamera untuk mengeksplorasi situs megalitikum Gunung Padang. Lewat foto aerial yang dihasilkan, Kompas.com menyuguhkan bentang alam situs megalitikum Gunung Padang yang dahulu digunakan sebagai tempat pemujaan dan kegiatan seni terkait.  Tampak situs yang berlokasi di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, itu berada di puncak bukit kecil yang dikelilingi oleh pohon-pohon yang hijau serta perkampungan penduduk di bawahnya.

Sebuah foto indah menunjukkan tempat yang disebut “Mahkota Dunia”. Mahkota Dunia berada di teras kedua. Antara teras pertama dan teras kedua dihubungkan oleh tangga dengan lima pagar. Namun, bila berkunjung ke Gunung padang, tangga yang tersusun atas batu itu tak boleh dilewati. Penunjung harus lewat jalur lain.

Foto lain menunjukkan sebuah formasi batu berdiri yang melingkar, dahulu digunakan untuk tempat bermusyarawah. Ini menunjukkan bahwa masyarakat yang membangun situs itu memang sudah mengenal musyawarah.

Drone jurnalisme kembali dipakai Kompas untuk meliput Konser Salam Dua Jari yang digelar di Gelora Bung Karno pada 5 Juli 2014 lalu. Pembaca situs Kompas.com dapat menyaksikan foto-foto dan video konser yang diambil dari udara.(dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL